Skip to main content

Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Judul  : Laskar Pelangi

Pengarang     : Andera Hirata

Penerbit        : Bentang

Tebal            : xxxiv, 529 halaman

Tahun Terbit  : 2005

 Berikut adalah Sinopsisnya


Novel Laskar Pelangi bercerita tentang kehidupan 10 anak yang sekolah di SD dan SMP Muhammadiyah di pulau Belitong. Mereka adalah Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Harun. Mereka semua berasal dari keluarga miskin. Sekolah mereka digambarkan sangat memprihatinkan, bahkan nyaris roboh. Tetapi kehidupan dan sekolah yang sangat terbatas tidak membuat mereka putus asa, melainkan justru bersemangat. Mereka dididik oleh seorang guru yang gigih dan sangat penyayang, yaitu Bu Muslimah. Karena kesenangan mereka melihat pelangi Bu Muslimah kemudian menyebut mereka dengan Laskar Pelangi.

Novel dibuka dengan penggambaran SD Muhammadiyah yang terancam akan tutup jika jumlah siswa yang mendaftar kurang dari 10 anak. Situasi mendadak tegang karena baru ada 9 anak yang mendaftar. Untunglah Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan diri di sekolah kecil itu.
novel laskar pelangi

Dari situlah kemudian cerita berkembang. Berbagai peristiwa, mulai dari perkenalan 10 anak itu, proses pembelajaran di dalam dan luar kelas, mengayuh sepeda puluhan kilo meter untuk beli kapur, juga pertemuan Ikal dengan A Ling, gadis Tionghoa yang menjadi cinta pertamanya.

sinopsis novel laskar pelangi

Salah satu tokoh yang mendapat perhatian di novel ini adalah Lintang. Lintang adalah anak yatim dari ayah seorang nelayan miskin. Tetapi Lintang memiliki kecerdasan seperti Einstein. Perjuangan yang harus dilaluinya untuk tiba di sekolah sungguh berat, karena harus bersepeda puluhan kilometer jauhnya. Berkat kecerdasan Lintang pulalah SD dan SMP Muammadiyah berhasil memenangi lomba cerdas cermat. Tetapi kemudian, kisah sedih menimpa keluarga Lintang. Ayahnya meninggal dunia dan sebagai lelaki tertua ia harus mengurus adik perempuannya. Lintang sendiri mengundurkan diri dari sekolah sebelum tamat SMP.

Baca dan Download NOvel laskar Pelangi

Dalam novel ini juga dikisahkan tentang kemiskinan yang hampir merajalela di Belitong, sementara alamnya begitu kaya dengan timah. Ternyata tambang-tambang timah yang ada di Belitong semuanya telah didominasi oleh PN Timah. Akibatnya nasib warga Belitong seperti tikus yang kelaparan di lumbung padi. Pada perkembangannya, dikisahkan, akhirnya PN timah yang membuat rakyat miskin dihancurkan dan sekarang rakyat Belitong bisa kembali menikmati tambang mereka yang puluhan tahun dieksploitasi.

Akhir novel ini menceritakan tentang anggota laskar pelangi yang memiliki masa depan cerah. Namun SD-SMP Muhammadiyah sudah tidak lagi ada, dan Bu Muslimah mengajar di SD negeri 6 Belitong Timur. Sementara Ikal, tokoh utama dalam novel ini, mendapat beasiswa ke Universitas Sorbonne, Paris.

jangan ketinggalan juga untuk membaca ulasan novel laskar pelangi.

Comments

Popular posts from this blog

Sinopsis Novel Area X karya Eliza V Handayani

Judul    : Area-X: Hymne Angkasa Raya Pengarang     : Eliza V. Handayani Penerbit     : Dar! MIZAN, Bandung Tebal     : xxiv + 368 halaman Cetakan    : I, Juli 2003 Yudho dan Rocky adalah mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komputer. Pada September 2015 mereka melakukan penyusupan di Area-X.  Area-X (baca area sepuluh), dalam novel ini merupakan salah satu area yang berfungsi sebagai pusat penelitian IPTEK mutakhir di Indonesia. Kabarnya, Area-X dibangun dengan dalih untuk kepentingan rakyat. Tetapi Area-X disinyalir menyimpan misteri dan beredar kabar bahwa di tempat itu sedang diadakan penelitian berbahaya dan illegal. Yudho dan Rocky ingin mencari tahu apa sebenarnya yang dilakukan para peneliti di tempat tersebut. Setelah menyusun siasat, akhirnya Yudho dan Rocky berhasil masuk ke dalam Area-X. Tetapi naas, keberadaan mereka diketahui penjaga. Akibatnya Rocky terjebak dan menghembuskan nafas terakhirnya, sementara Yudho sendiri berhasil kabur. Kematian Rocky membuat Yudho dibenci

Pengertian Prosa Fiksi Sains

Istilah prosa fiksi sains terdiri dari tiga kata, yakni “prosa”, “fiksi” dan “sains.” Fiksi sains sendiri sering pula disebut sebagai fiksi ilmiah atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah science fiction (sering disingkat Sc-Fi ). Secara bahasa “prosa” diartikan sebagai karangan bebas. Sedangkan “fiksi” biasa diartikan sebagai cerita rekaan. Aminuddin (2002: 66) mengartikan prosa fiksi sebagai kisahan atau cerita yang diemban oleh palaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarangnya sehingga menjalin suatu cerita. Contoh dari prosa fiksi adalah cerita pendek, novel, dongeng, dan jenis-jenis prosa lain yang sifatnya adalah cerita rekaan. Dalam Kamus Istilah Sastra (Zaidan, Abdul Rozak, Anita K. Rustapa, Hani'ah, 2004: 51) fiksi sains disamakan dengan cerita rekaan ilmu. Fiksi sains memiliki bentuk kisahan yang alur, tema, dan latarnya disajikan secara imajinatif, berdasarkan pengetahuan

FIKSI SAINS DI INDONESIA

Nyoman Tusthi Eddy pernah menyatakan bahwa sastra Indonesia belum memiliki fiksi ilmiah. Menurutnya, para penulis fiksi Indonesia belum ada yang memiliki dua faktor yang dibutuhkan untuk menghasilkan karya fiksi sains, yakni “terampil sekaligus berselera tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi” dan “kebebasan berpikir.” ( Suara Karya, 28 -2- 2009 ). Pendapat tersebut, menurut saya terkesan terburu-buru dan tidak berdasar. Tusthi seakan tidak mau melihat perkembangan sastra Tanah Air, mengingat ketika tulisan tersebut diterbitkan, kesusasteraan Indonesia sudah melahirkan beberapa fiksi ilmiah. Meskipun di negeri ini fiksi ilmiah atau sains masih belum tumbuh sebagaimana genre prosa fiksi yang lain, tetapi kehadirannya telah banyak memberikan warna baru pada khasanah kesusasteraan kita. Kemunculan fiksi sains di Indonesia telah diteliti oleh M.V. Wresti Budiaju A.P dalam penelitian berjudul Kajian Perkembangan Fiksi Ilmiah Anak dan Remaja Karya Pengarang Indonesia 196