Skip to main content

Baterai Canggih Ajaib yang Bisa Diisi 120 Detik

Anda pemilik smardohone? Hape anda sering drop. Kali ini hadir sebuah baterai yang sanggih sekali. Karena hanya membutuhkan waktu 120 detik untuk mengisinya.

Sebagaimana dilansir oleh Dailymail.co.uk. kini, para peneliti di Singapura mengatakan baterai mereka ultra-cepat pengisian yang dapat diisi ulang hingga 70 persen hanya dalam dua menit.

Mereka juga bertahan sepuluh kali lebih lama dari baterai saat ini, yang sering berjuang untuk menahan muatan yang lebih tua yang mereka dapatkan.

Para ilmuwan di Nanyang Technology University (NTU) mengatakan terobosan mereka memiliki dampak luas pada semua industri, terutama untuk kendaraan listrik, di mana konsumen menunda oleh waktu resapan panjang dan hidup baterai yang terbatas. kata peneliti.

Pengemudi kendaraan listrik bisa menyelamatkan puluhan ribu biaya penggantian baterai dan dapat mengisi ulang mobil mereka hanya dalam hitungan menit.

'Mobil listrik akan dapat meningkatkan jangkauan mereka secara dramatis, dengan hanya lima menit dari pengisian, yang setara dengan waktu yang dibutuhkan untuk memompa bensin untuk mobil saat ini, "kata Associate Professor Chen XiaodongProf Chen, yang memimpin penelitian.

"Sama pentingnya, kita sekarang dapat secara drastis mengurangi limbah beracun yang dihasilkan oleh baterai dibuang, karena baterai terakhir kami sepuluh kali lebih lama dari generasi sekarang baterai lithium-ion. '

Umumnya digunakan di ponsel, tablet, dan kendaraan listrik, baterai lithium-ion yang dapat diisi ulang biasanya berlangsung sekitar 500 siklus isi ulang.
baterai ajaib canggih


Hal ini setara dengan 2-3 tahun penggunaan yang khas, dengan setiap siklus mengambil sekitar dua jam untuk baterai yang akan terisi penuh.

Dalam baterai baru NTU-dikembangkan, grafit tradisional digunakan untuk anoda (kutub negatif) dalam baterai lithium-ion diganti dengan bahan gel baru yang terbuat dari titanium dioksida.

Titanium dioksida merupakan bahan berlimpah, murah dan aman yang ditemukan di dalam tanah.Hal ini biasanya digunakan sebagai aditif makanan atau lotion tabir surya untuk menyerap sinar ultraviolet yang berbahaya.

Tentu ditemukan di bentuk bola, tim NTU telah menemukan cara untuk mengubah titanium dioksida menjadi nanotube kecil, yang seribu kali lebih tipis dari diameter rambut manusia.

Comments

Popular posts from this blog

Sinopsis Novel Area X karya Eliza V Handayani

Judul    : Area-X: Hymne Angkasa Raya Pengarang     : Eliza V. Handayani Penerbit     : Dar! MIZAN, Bandung Tebal     : xxiv + 368 halaman Cetakan    : I, Juli 2003 Yudho dan Rocky adalah mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komputer. Pada September 2015 mereka melakukan penyusupan di Area-X.  Area-X (baca area sepuluh), dalam novel ini merupakan salah satu area yang berfungsi sebagai pusat penelitian IPTEK mutakhir di Indonesia. Kabarnya, Area-X dibangun dengan dalih untuk kepentingan rakyat. Tetapi Area-X disinyalir menyimpan misteri dan beredar kabar bahwa di tempat itu sedang diadakan penelitian berbahaya dan illegal. Yudho dan Rocky ingin mencari tahu apa sebenarnya yang dilakukan para peneliti di tempat tersebut. Setelah menyusun siasat, akhirnya Yudho dan Rocky berhasil masuk ke dalam Area-X. Tetapi naas, keberadaan mereka diketahui penjaga. Akibatnya Rocky terjebak dan menghembuskan nafas terakhirnya, sementara Yudho sendiri berhasil kabur. Kematian Rocky membuat Yudho dibenci

Pengertian Prosa Fiksi Sains

Istilah prosa fiksi sains terdiri dari tiga kata, yakni “prosa”, “fiksi” dan “sains.” Fiksi sains sendiri sering pula disebut sebagai fiksi ilmiah atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah science fiction (sering disingkat Sc-Fi ). Secara bahasa “prosa” diartikan sebagai karangan bebas. Sedangkan “fiksi” biasa diartikan sebagai cerita rekaan. Aminuddin (2002: 66) mengartikan prosa fiksi sebagai kisahan atau cerita yang diemban oleh palaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar serta tahapan dan rangkaian cerita tertentu yang bertolak dari hasil imajinasi pengarangnya sehingga menjalin suatu cerita. Contoh dari prosa fiksi adalah cerita pendek, novel, dongeng, dan jenis-jenis prosa lain yang sifatnya adalah cerita rekaan. Dalam Kamus Istilah Sastra (Zaidan, Abdul Rozak, Anita K. Rustapa, Hani'ah, 2004: 51) fiksi sains disamakan dengan cerita rekaan ilmu. Fiksi sains memiliki bentuk kisahan yang alur, tema, dan latarnya disajikan secara imajinatif, berdasarkan pengetahuan

FIKSI SAINS DI INDONESIA

Nyoman Tusthi Eddy pernah menyatakan bahwa sastra Indonesia belum memiliki fiksi ilmiah. Menurutnya, para penulis fiksi Indonesia belum ada yang memiliki dua faktor yang dibutuhkan untuk menghasilkan karya fiksi sains, yakni “terampil sekaligus berselera tinggi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi” dan “kebebasan berpikir.” ( Suara Karya, 28 -2- 2009 ). Pendapat tersebut, menurut saya terkesan terburu-buru dan tidak berdasar. Tusthi seakan tidak mau melihat perkembangan sastra Tanah Air, mengingat ketika tulisan tersebut diterbitkan, kesusasteraan Indonesia sudah melahirkan beberapa fiksi ilmiah. Meskipun di negeri ini fiksi ilmiah atau sains masih belum tumbuh sebagaimana genre prosa fiksi yang lain, tetapi kehadirannya telah banyak memberikan warna baru pada khasanah kesusasteraan kita. Kemunculan fiksi sains di Indonesia telah diteliti oleh M.V. Wresti Budiaju A.P dalam penelitian berjudul Kajian Perkembangan Fiksi Ilmiah Anak dan Remaja Karya Pengarang Indonesia 196